Jumat, 15 Juni 2012

Pencarian Jati Diri


Siapakah Aku??
Hmm, mungkin sebagian dari kita masih bingung ya mencari jati diri kita itu dimana sih? Aku kayak apa sih?? Siapa aku ini sih?? Aku juga pernah merasakan hal yang sama guys dan aku mulai belajar dari orang lain yang sduah menemukan jati dirinya. Aku mau sharing untuk kalian, cekidot guys ;)
Aku sempat bingung, aku ini akan menjadi apa? Karena memang selama ini aku tidak pernah diberikan kesempatan untuk mencari jati diriku karena suatu faktor. Jati diri itu untuk menemukan aku ini passionnya dimana tempat yang aku bisa gunakan untuk mengembangkannya? Tetapi semuanya itu memiliki proses yang sangat panjang dan tidak mudah.
Berat rasanya ketika ingin menemukan jati diri tapi selalu dibatasi oleh suatu hal, dan aku perlahan demi perlahan mau menerobosnya, itu perlu waktu bertahun-tahun. Selama ini memang aku suka diam memendam segala sesuatu ku sendiri, saya kurang tertarik dengan urusan2 orang lain dan bahkan aku sering mengabaikan urusan ku sendiri. Selama ini, aku mengannggap bahwa kehidupan ku masih panjang dengan asumsi sekarang aku masih remaja. Tentunya ini lah yang menjadi kendala terbesarku dalam menemukan jati diri ku.
Pernah nonton film "Who Am I?"
Kalau diperhatikan, film yang dibintangi Jackie Chan ini sering sekali diputar di televisi. Betul? Nah, ceritanya (kurang lebih) tentang seorang tentara unit khusus yang punya misi khusus tapi mengalami kejadian khusus; nyusruk dari helikopter, nyangsang di pohon, dan... anemia! Eh, maksudnya kurang darah? Oh, sori-sori. Amnesia, deng! (abis mirip, sih, hehe). Sepanjang film diceritakan usaha Jackie Chan mencari tahu identitasnya sekaligus membongkar kejahatan salah satu sindikat senjata berbahaya. Lho lho, kok jadi resensi film?
Mungkin apa yang menimpa kita tidak separah Jackie Chan. Tapi ssstt..., jangan salah! Kita juga ga "sehat-sehat" amat; terlebih bagi kita yang sengaja "melupakan" proses pencarian jati diri. Akibatnya? Ngelantur menjalani hidup! Nggak heran, deh, banyak kawula muda kini yang nggak jelas identitasnya, gamang, kabur, burem! Sekilas, sih, gak apa-apa. Tapi apa iya begitu? Dan, apa yang harus kita lakukan biar ga jadi tersangka kasus kehilangan identitas ini?
Hidup adalah anugerah. Ya, kan?
Sebenarnya, jika kita resapi dan dalami sebenar2nya..Untuk apa Tuhan menciptakan kita hidup di dunia ini??Semua yang di ciptakan oleh Allah pastinya memiliki tujuan dan manfaat, meskipun itu seekor semut apalagi kita yang sebagai makhluk yang paling sempurna dari makhluk2 lain ciptaan Allah.  Manusia bisa menjadi makhluk termulia di antara makhluk2 lainnya dan bisa menjadi serendah2nya makhluk bahkan lebih rendah daripada kedudukan hewan. Dari sinilah kita seharusnya mengaca, akan menjadikan diri kita sebagai apa, apakah menjadi makhluk mulia atau malah sebaliknya menjadi manusia yang kedudukanya lebih rendah daripada hewan.
Oleh sebab itu, marilah tentukan tujuan hidup kita dengan mencari jati diri kita semata2 untuk mencari tujuan dan arti hidup kita di dunia.
Karena memang selama kita hidup itu tidak terlepas dari masalah tapi kita tidak boleh gampang menyerah karena kita masih punya Tuhan yang sanggup membuat kita melewati masalah-masalah itu dengan bahu yang kuat ;)Dan ketika kita melewati masalah itu, ada satu pelajaran lagi yang dapat dipelajari didalam hidup ini.
Oke guys, jangan pernah menyerah ya, lakukan yang terbaik untuk diri kita dan kita akan mendapat yang terbaik juga asalkan disertai dengan kesabaran, tekun, pantang menyerah, semangat serta berdoa kepada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar