Rabu, 11 April 2012

Bermanfaat Untuk Orang Lain


Manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang memiliki sifat yang saling membutuhkan satu sama lain. Di rumah, di sekolah, pasar, kantor, dan diberbagai tempat lainnya. Kebutuhan untuk berinteraksi sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya.
Karena itu manusia tidak bisa hidup normal tanpa orang lain, mereka akan saling membutuhkan, memberi dan diberi, menghargai dan dihargai, serta sederet aktivitas sosial yang lain. Semuanya itu untuk memenuhi kebutuhan sosial, dan aktivitas sosial yang kita lakukan seharusnya memberikan manfaat kepada orang lain.
Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain adalah impian setiap orang, termasuk saya, Karena kita hidup didunia sosial, kebermanfaatan kita bagi orang lain adalah sebuah prestasi yang gemilang. Besarnya manfaat kita kepada orang lain akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik, lebih berkembang dan lebih kuat.
Banyak cara bisa kita lakukan untuk saling memberi manfaat kepada orang lain. Kalau kita seandainya punya kahlian khusus, maka bantulah orang lain yang sedang membutuhkan bantuan kita dari keahlian yang kita miliki itu. Saat membantu orang lain, juga sebaiknya dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. kita sebaiknya membantu orang lain dengan tulus ikhlas dan secara maksimal.
Membantu orang lain adalah suatu kegiatan ibadah, jadi tidak hanya orang lain yang akan mendapatkan keuntungan dari keahlian kita, tapi diri kita juga akan mendapatkan pahala dengan menjadi orang yang bermanfaat. Bukan hanya itu saja, jika suatu keahlian yang dilatih secara terus-menerus pasti akan semakin bertambah kemampuannya. Seperti pepatah mengatakan, kalau pisau diasah terus-menerus pasti akan tajam juga.
Hal lain yang juga bermanfaat bagi orang lain adalah membantu orang lain karena keinginan kita sendiri, karena kita ingin, maka kita melakukannya. Hindari membantu orang lain karena syarat2 tertentu, karena perasaan ingin dihargai, apalagi dengan pamrih materi. Bukan membantu, tetapi malah hanya akan menjadi beban bagi orang lain. Tegakah kita menjadi beban orang lain?
Banyak orang mengatakan, kalau kita ingin mendapatkan sesuatu dari orang lain maka kita harus memberi terlebih dahulu. Semakin banyak kita memberi atau berbagi maka akan semakin banyak pula apa yang akan kita dapatkan. Bukan kah kita tahu sendiri, bahwa Tuhan itu Maha Adil? Sehingga apa yang kita berikan pasti kita juga akan mendapatkan yang lebih banyak, entah kapan waktunya tapi yang jelas di masa depan nanti akan ada balasannya untuk kita.
Ternyata istilah memberi lebih baik daripada menerima memang sangat benar kan? Sudah banyak yang membuktikan keampuhan dari istilah tersebut. Mari kita bersama-sama terus meningkatkan untuk saling berbagi manfaat dengan orang lain agar kita semua juga bisa mendapatkan apa yang memang kita inginkan.
Dua hal tersebut diatas, mudah diucapkan, tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Karena saya percaya tidak ada hal yang tidak mungkin, terutama dengan ijin Tuhan, maka satu-satunya cara kita bisa melakukannya adalah dengan belajar, belajar melakukan kewajiban kita sendiri dengan baik, dengan benar, sehingga tidak merepotkan orang lain dan belajar membantu orang lain karena keinginan kita sendiri, karena kita ingin, maka kita melakukannya.
Dengan belajar, Insya Allah kita diberi kekuatan untuk menuju keberhasilan. Hanya sepenggal pendapat dan cerita dari saya, kalau masih banyak kekurangan, mohon saran dan kritikan yang konstruktif demi perbaikan di tulisan yang akan dating. Selain itu saya ucapkan terimakasih sudah membaca pemikiran saya yang sederhana kali ini. Terimakasih…..
Saya Bahruddien…J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar